6 manfaat luar biasa dari buah kelengkeng

Kelengkeng adalah buah manis sehingga banyak orang menyukai buah ini, tetapi tidak semua orang tahu nilai gizinya yang besar yang dimiliki buah ini. Mari kita pelajari bersama 6 manfaat buah Kelengkeng untuk tubuh kita!

Manfaat buah Kelengkeng untuk kesehatan

Kelengkeng memiliki sumber vitamin dan mineral yang baik. Kelengkeng mengandung banyak vitamin A, vitamin B (B1, B2, B3) dan vitamin C, selain itu buah ini kaya akan mineral seperti zat besi, tembaga, seng, kalium, magnesium, mangan dan fosfor. Sehingga, buah kecil ini memiliki efek besar pada kesehatan kita.

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kelengkeng kaya vitamin C tidak hanya membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sangat efektif dalam mencegah pilek, flu, tetapi juga untuk perawatan kecantikan kulit dan memperlambat proses penuaan.

  1. Mencegah osteoporosis

Dalam sebuah penelitian tentang Institute of Applied Medicine Vietnam, tulang-belulang wanita dalam masa menopause menjadi kurus dan rapuh. Selain penambahan kalsium, vitamin D, dengan memakan kelengkang akan membantu memenuhi kebutuhan mineral (tembaga dan magnesium) yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah osteoporosis.

  1. Memperbaiki sirkulasi darah

Makan buah ini dapat membantu meningkatkan jumlah zat besi yang diserap setiap hari oleh tubuh, memperbaiki anemia, membantu sirkulasi darah dan mengurangi risiko penyakit di pankreas.

  1. Mencegah beberapa masalah mata

Vitamin B bertindak sebagai nutrisi yang memasok saraf optik, yang mengurangi keterbatasan kelelahan mata, sakit mata (B1), pencegahan katarak (B2) dan untuk pengobatan konjungtivitis alergi (B3).

Makan kelengkeng tidak hanya menambah energi untuk mata dari vitamin B, tetapi jumlah vitamin A yang banyak dalam Kelengkeng juga membantu Anda memiliki mata yang cerah.

  1. Baik untuk sistem saraf

Kelengkeng menyediakan zat besi dan mikronutrien lainnya yang meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan aliran darah ke sel-sel saraf. Bahan aktif dalam Kelengkeng menciptakan efek menghilangkan stres dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Oleh karena itu, Kelengkeng dapat memperbaiki gangguan tidur, mengatasi depresi dan depresi neurologis.

  1. Mencegah kanker dan memperpanjang umur

https://tokobilal.com/ – Radikal bebas adalah molekul yang membangun di dalam tubuh untuk merusak kesehatan dan menyebabkan beberapa jenis kanker. Mengandung vitamin A, C, dan antioksidan yang mengurangi radikal bebas untuk membantu mencegah kanker dan memperpanjang umur panjang.

Beberapa catatan saat makan Kelengkeng

Kelengkeng dengan manfaat kesehatan yang bagus tidak dapat disangkal, tetapi penggunaan Kelengkeng yang tidak tepat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan.

  1. Panas

Mirip dengan durian, Kelengkeng memiliki sifat panas, jika makan terlalu banyak Kelengkeng akan menyebabkan panas dalam tubuh, mudah sakit tenggorokan, jerawat, bahkan mimisan.

  1. Hati-hati dengan pasien diabetes

Manisnya Kelengkeng membuatnya mudah dimengerti bahwa kandungan gula dari buah ini sangat tinggi. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak Kelengkeng, itu akan menyebabkan gula darah tinggi, jadi berhati-hatilah dengan pasien diabetes.

  1. Batasi untuk orang yang kelebihan berat badan

Menurut para ilmuwan, 300g Kelengkeng memberikan energi sebesar 1,5 cangkir beras, dengan orang normal baik-baik saja, tetapi untuk orang yang kelebihan berat badan, obesitas atau ingin menurunkan berat badan harus membatasi Kelengkeng.

  1. Kemungkinan penyebab kehamilan

Efek samping yang paling terlihat dari Kelengkeng adalah pada wanita hamil. Wanita hamil, terutama di bulan ke-7-8 kehamilan, harus menjauhkan diri dari panas, sakit perut, perdarahan, bahkan menyebabkan kehamilan yang sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi. .

  1. Berapa banyak kita boleh makan buah kelengkeng?

Menurut dokter, kita seharusnya hanya mengonsumsi 200-300g per hari untuk memastikan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh.

Untuk alasan kesehatan, Kelengkeng harus dicuci dan dicelupkan ke dalam air garam selama sekitar 10 menit untuk menghilangkan kotoran, bakteri serta residu kimia (pestisida, pengawet).

Cara memilih Kelengkeng segar

Untuk memilih buah segar, Anda perlu memperhatikan banyak karakteristik dari bau, hingga bagian luar cangkang, Hari ini kami akan memberi tahu Anda cara memilih buah Kelengkeng yang paling enak.

  • Bau: Daun segar dan matang secara alami akan selalu memiliki aroma yang menyenangkan, jika disimpan dengan bahan kimia yang diawetkan lama, Kelengkeng akan kehilangan aromanya.
  • Rasa: kelengkeng yang lezat memiliki rasa manis alami. Kelengkeng terlalu manis atau terlalu berair biasa ditambahkan bahan kimia tertentu untuk membuat rasa lebih manis.
  • Cabang dan daun : saat membeli Kelengkeng Anda harus memperhatikan daun hijau, tangkai dan batang masih segar, sebaiknya Anda membeli kelengkekng ketika sudah tidak berada di tangkainnya.
  • Buah: Cabang utama memiliki buah besar dan relatif sama. Kulitnya berwarna kuning gelap, ketika diraba terasa sangat tebal.

Leave a Reply